Rabu, 14 Oktober 2015

CONTOH MERESENSI BUKU PELAJARAN

Hai sahabat, dikesempatan kali ini aku akan bahas tentang materi yang baru saja diselesaikan oleh  guru aku disekolah, terus aku dan temen sekelas diberi tugas untuk membuat resensi dengan beberapa syaratnya. Contoh resensi ini pendek, karena itulah salah satu syarat yang diberikan guruku yaitu menggunakan kertas A4, agak susah sih bikinnya, soalnya harus pintar-pintar menghemat kata biar semua intinya masuk:'v yaudah langsung aja, ini dia resensiku...

  MERESENSI BUKU
 ”BKS BASA JAWAB COCOK SEBAGAI BAHAN AJAR”
Dana Mutia Agustina
IX-3 / 25
Judul                           : Basa Jawa
Pengarang                   : Drs. Sumadi, M.M., dan kawan-kawan
Penerbit                       : CV. Gajah Media
Cetakan                       : 2015
Jumlah halaman          : 96
Harga                          : Rp. 7.200,00


         Saat ini banyak sekali remaja yang tidak memiliki tata krama dalam berbahasa, terutama dalam berbahasa jawa. Dalam budaya jawa, kita mengenal unggah-ungguh basa yang sudah dijelaskan bagaimana penggunaan bahasa terhadap setiap kalangan, dan kebudayaan menggunakan unggah-ungguh basa seperti itu sudah luntur, mungkin inilah tujuan disusunnya buku Basa Jawa ini.
         Buku Basa Jawa ini mengajarkan tentang garis besar pembelajaran yang wajib diketahui oleh kalangan pelajar, contohnya seperti bab tentang unggah ungguh basa, kesenian daerah, tembung-tembung, cerita rakyat, aksara jawa dan sebagian bab lain yang sudah terangkum baik di buku Basa Jawa ini.
Tetapi buku Basa Jawa ini tidak banyak menampilkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi, terlalu banyak tulisan, dan desainnya kurang menarik, itulah alasan mengapa pembaca terkadang malas membacanya. Sebaiknya penyusun lebih kreatif lagi dalam mengedit,  agar tidak ada pemborosan kata dan agar desainnya lebih menarik perhatian calon pembaca.
Dibalik beberapa kekurangan itu, banyak sekali kelebihannya, buku yang memiliki 96 total halaman ini cocok sekali sebagai bahan ajar sekolah menengah, harganya yang murah bukan berarti isinya murahan, penulis menyampaikan materi dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami, telihat jelas bahwa penulis memiliki tujuan untuk membantu pembaca berwawasan lebih jauh tentang bahasa Jawa dan membuat pembaca mudah mencerna pokok materi, serta langsung bisa memahami saat membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar